Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

Putra, Neka (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NEKA_PUTRA_17205066_1451_2020.pdf] Text
final_3_NEKA_PUTRA_17205066_1451_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat berbasis
pendekatan Realistic Mathematics Education yang valid, praktis, dan efektif
terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis peserta didik di kelas VIII.
Perangkat pembelajaran yang di kembangkan adalah Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp
yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan,
dan tahap penilaian. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan
penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek
uji lapangan yang di libatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII
SMP. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP, lembar validasi
LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sebelum instrumen digunakan untuk
mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi
kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil analisis terhadap lembar validasi RPP
yang dikembangkan dikatakan sangat valid dengan persentase 89,29% dan LKPD
yang dikembangkan juga menunjukkan dalam kategori sangat valid dengan
persentase 88,02%. Perangkat pembelajaran juga praktis berdasarkan hasil analisis
terhadap angket respon guru yaitu 82,32% dengan kategori praktis, angket respon
peserta didik yaitu 84% dengan kategori praktis dan lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran yaitu 91,04% dengan kategori sangat praktis. Selain
itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hal ini dapat di lihat dari hasil
tes akhir yang diperoleh untuk melihat efektifitas produk yang dikembangkan
adalah 90% peserta didik yang melebihi batas ketuntasan interval yang telah di
tetepkan yaitu sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:25
Last Modified: 24 Dec 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33528

Actions (login required)

View Item
View Item