Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berdasarkan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang

Nazwandi, Nazwandi (2010) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berdasarkan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NAZWANDI_11186_5334_2012.pdf] Text
final_3_NAZWANDI_11186_5334_2012.pdf

Download (102kB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 14 Padang selama ini masih
rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan kurang menarik minat siswa. Guru lebih
mendominasi kegiatan pembelajaran, sehingga siswa pasif. Oleh sebab itu perlu
diupayakan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas dan
hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar matematika siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student
Teams Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika berdasarkan
motivasi berprestasi. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu (Quasi
Experiment) yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 Padang pada semester genap tahun
pelajaran 2009/2010 dengan populasi siswa kelas VIII yang terdiri dari enam kelas.
Sampel adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas
kontrol yang dipilih dengan metode random sampling. Pengumpulan data
menggunakan angket motivasi berprestasi dan tes hasil belajar matematika. Data
dianalisis dengan uji-t dan analisis variansi dua arah.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: Pertama, hasil belajar matematika
siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari
pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, hasil
belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada yang diajar
dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, hasil belajar matematika siswa
yang mempunyai motivasi berprestasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional. Keempat, tidak terdapat interaksi antara motivasi berprestasi dengan
model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Dari penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:25
Last Modified: 24 Dec 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33526

Actions (login required)

View Item
View Item