Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang

Irawan, Reni Sofia (2014) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RENI_SYOFIA_IRAWAN_15695_4948_2014.pdf] Text
final_B1_1_RENI_SYOFIA_IRAWAN_15695_4948_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut ini. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. Ketiga, menganalisis hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Desain korelasional bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang dengan sampel berjumlah 30 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman sedangkan tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karangan eksposisi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (66,02). Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (67,50). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan (berarti) antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang pada taraf 95% dengan derajat kebebasan n – 1 yaitu thitung 26,50 > 1,70. Dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:24
Last Modified: 24 Dec 2025 01:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item
View Item