Daniati, Nadia (2020) High Order Thinking Skill Questions in Reading Exercises (An Analysis of Reading Exercises in Bright an English Course Book for the Grade IX of Junior High School, Published by Erlangga in 2018). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_NADIA_DANIATI_15018099_1800-2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
High Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi
adalah kemampuan berpikir secara kompleks berguna dalam menerapkan
pengetahuan dalam kehidupan nyata, berpikir kritis, dan dapat memecahkan
masalah. Level HOTS dikategorikan ke dalam tiga level yaitu menganalisa,
mengevaluasi, dan menciptakan. Untuk menilai kemampuan tersebut, pertanyaan
yang menguji HOTS terdapat dalam soal latihan membaca. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisa pertanyaan HOTS didalam latihan membaca.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari buku
teks pelajaran Bright an English untuk kelas 9 SMP. Peneletian ini menggunakan
indikator Taksonomi Bloom sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa total pertanyaan HOTS adalah 52 pertanyaan atau 12,62%
dari 412 pertanyaan membaca. Jumlah dan persentase dari setiap level kategori
HOTS adalah 38 pertanyaan atau 9,22% untuk level menganalisa, 11 pertanyaan
atau 2,6% untuk level mengevaluasi, dan 3 pertanyaan atau 0,73% untuk level
menciptakan. Namun, pertanyaan HOTS bukanlah kategori pertanyaan yang
dominan di dalam buku teks pelajaran ini.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | High Order Thinking Skill, pertanyaan membaca, revisi Taksonomi Bloom. |
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 01:23 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 01:23 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33508 |
