Eliza, Mutia (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MUTIA_ELIZA_1203692_2869_2014.pdf
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya pemahaman konsep dan
kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri di Kecamatan Air Hangat
Timur Kabupaten Kerinci. Hal ini disebabkan antara lain karena siswa kurang
aktif dalam proses pembelajaran dan siswa kurang bisa menyelesaikan soal yang
berbeda dari yang dicontohkan oleh guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan
untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi
matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang terpilih adalah
siswa kelas VIII.A SMP Negeri 26 Kerinci sebagai kelas eksperimen yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa kelas VIII.B SMP
Negeri 19 Kerinci sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran
konvensional.
Jenis penelitian ini adalah quasy experiment. Data penelitian diperoleh dari
hasil tes kemampuan awal dan tes akhir berupa soal pemahaman konsep dan
kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan awal siswa dikelompokkan
menjadi tiga yaitu kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Analisis data
dilakukan menggunakan uji t dan uji Mann Whitney U.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh beberapa
kesimpulan, yaitu: (1) Pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi
matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional;
(2) Pemahaman konsep siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan
rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik
daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (3)
Kemampuan komunikasi siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan
rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik
daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 01:22 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 01:23 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33505 |
