Kontribusi Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Seprina, Reni (2013) Kontribusi Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RENI_SEPRINA_95851_3910_2013.pdf] Text
final_B1_1_RENI_SEPRINA_95851_3910_2013.pdf

Download (637kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pelaksanaan tugas guru di SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang belum terlaksanan sebagaimana mestinya. Hal ini diduga terkait dengan kompetensi supervisi kepala sekolah, karena supervisi yang dilaksanakan belum optimal akan berpengaruh terhadap pelaksanaan tugas guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang : (1) pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang, (2) kompetensi supervisi kepala SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang, (3) kontribusi kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah “terdapat kontribusi kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang”. Jenis penelitian ini bersifat korelasional. Populasi penelitian adalah semua guru yang berstatus PNS di SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang dengan jumlah 273 orang. Besar sampel adalah 56 orang yang ditentukan dengan teknik stratified propotional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket model skala Likert yaitu angket kompetensi supervisi kepala sekolah disediakan lima alternatif jawaban yaitu sangat mampu=5,mampu=4,cukup mampu=3,kurang mampu=2 dan tidak mampu=1 sedangkan angket pelaksanaan tugas guru disediakan lima alternatif jawaban yaitu Selalu (SL)=5, Sering (SR)=4, Kadang-Kadang (KD)=3,Jarang (JR)=2 dan Tidak Pernah (TP)=1 yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya kepada 10 orang guru di luar sampel penelitian. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Regresi Sederhana, rumus Product Moment, Uji-r dan Uji-t, sedangkan r² digunakan untuk melihat besarnya sumbangan kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang berada pada kategori cukup baik (71,60%), (2) kompetensi supervisi kepala SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang berada pada kategori cukup baik (68,20%). (3) terdapat kontribusi kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang sebesar 67,24% dengan koefisien korelasi ݎ௛௜௧௨௡௚ = 0,54 > ݎ௧௔௕௘௟ = 0,266 pada taraf kepercayaan 95% dan ݐ௛௜௧௨௡௚ =4,714 > ݐ௧௔௕௘௟ 2,021 pada taraf kepercayaan 95%. Besar kontribusi variabel kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru adalah 29,16%, sedangkan selebihnya 70,84% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:22
Last Modified: 24 Dec 2025 01:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33503

Actions (login required)

View Item
View Item