Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Objek Langsung Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam

Stevanny, Stevanny (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Objek Langsung Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_STEVANNY_86387_1778_2012.pdf] Text
final_B1_1_STEVANNY_86387_1778_2012.pdf

Download (958kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 lubuk Basung masih rendah, sehingga diperlukan teknik yang mampu meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Lubuk Basung dengan teknik objek langsung dilihat dari sepuluh aspek penilaian yaitu kesesuaian judul dengan isi, diksi, ejaan dan tanda baca, kerapian tulisan, kohesi dan koherensi, imajinasi, keterlibatan pancaindera, menunjukkan objek yang ditulis, memusatkan uraian pada objek yang ditulis, dan kesan hidup. (2) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Lubuk Basung dilihat dari sepuluh aspek penilaian yaitu kesesuaian judul dengan isi, diksi, ejaan dan tanda baca, kerapian tulisan, kohesi dan koherensi, imajinasi, keterlibatan pancaindera, menunjukkan objek yang ditulis, memusatkan uraian pada objek yang ditulis, dan kesan hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang menggunakan metode deskriptif. Data penelitian diuraikan secara kualitatif berdasarkan lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Data hasil belajar diperoleh dari tes unjuk kerja yaitu menulis paragraf deskripsi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa dengan teknik objek langsung terlaksana dengan baik. Kedua, rata-rata hasil tes keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa dengan teknik objek langsung meningkat dari 75,6 pada siklus I menjadi 81,35 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 03:47
Last Modified: 23 Dec 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33484

Actions (login required)

View Item
View Item