Perbedaan Perhatian Siswa MIPA dan IPS dalam Belajar

Puspita, Renny (2017) Perbedaan Perhatian Siswa MIPA dan IPS dalam Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RENNY_PUSPITA_1300321_3046_2017.pdf] Text
B1_05_RENNY_PUSPITA_1300321_3046_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya perhatian siswa dalam belajar terutama saat proses pembelajaran berlangsung, serta adanya anggapan guru bahwa siswa MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) lebih bagus daripada siswa IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan perhatian siswa MIPA dalam belajar di kelas, (2) mendeskripsikan perhatian siswa IPS dalam belajar di kelas, (3) menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara perhatian siswa MIPA dan IPS dalam belajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 14 Padang tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 264 siswa. Jumlah sampel sebanyak 159 siswa yang diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan mengadministrasikan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis komparatif menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian mengungkapkan (1) tingkat perhatian siswa MIPA dalam belajar di kelas berada pada kategori tinggi, (2) tingkat perhatian siswa IPS dalam belajar di kelas berada pada kategori tinggi, (3) secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perhatian siswa MIPA dan IPS dalam belajar di kelas, walaupun rata-rata skor capaian perhatian siswa MIPA lebih tinggi dibandingkan siswa IPS. Dilihat dari sub variabel; (a) terdapat perbedaan perhatian siswa MIPA dan IPS dalam belajar dilihat dari sub variabel selektivitas. Selektivitas siswa MIPA lebih tinggi dibandingkan siswa IPS, (b) tidak terdapat perbedaan perhatian siswa MIPA dan IPS dalam belajar dilihat dari sub variabel pemusatan konsentrasi. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam perencanaan layanan BK, terutama untuk meningkatkan perhatian siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Siswa Dalam Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 03:45
Last Modified: 23 Dec 2025 03:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33480

Actions (login required)

View Item
View Item