Anamunamita, Renggina (2018) Pengaruh LKS IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan Kita dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_RENGGINA_ANAMUNAMITA_14033057_556_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Siswa di abad ke-21 membutuhkan keterampilan literasi. Pemerintah Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan tersebut melalui Gerakan Literasi Sekolah. Disamping itu pemerintah Indonesia juga mencoba meningkatkan kompetensi siswa melalui pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Kondisi nyata menunjukkan bahwa hasil pembelajaran IPA terpadu dan hasil tes literasi siswa tergolong rendah. Salah satu solusi alternatif untuk memecahkan masalah ini adalah menerapkan LKS IPA terpadu dalam model pembelajaran kontekstual adaptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penerapan LKS IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan Kita terhadap Kompetensi siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar test tertulis dari kompetensi pengetahuan, lembar observasi dari kompetensi sikap dan lembar penilaian kinerja dari kompetensi keterampilan. Data dari penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji perbandingan dua rata-rata, analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa penerapan LKS IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan Kita berpengaruh pada Kompetensi siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. LKS IPA Terpadu memberikan pengaruh terhadap kompetensi siswa pada taraf kepercayaan 95%. Dari data hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa LKS IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan Kita efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif |
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 03:38 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 03:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33475 |
