An analysis Language Learning Strategies Used Efl Student Teachers At English Language Education Program Universitas Negeri Padang

Lestari, Trinanda Mahdiyah (2020) An analysis Language Learning Strategies Used Efl Student Teachers At English Language Education Program Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, UNIVERSITAS NEGERI PADANG.

[thumbnail of final_03_TRINANDA_MAHDIYAH_LESTARI_16018065_794_2020.pdf] Text
final_03_TRINANDA_MAHDIYAH_LESTARI_16018065_794_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian saat ini dilakukan dengan tujuan menyelidiki Strategi Pembelajaran Bahasa dari mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi tingkatan penggunaan pembelajaran bahasa, serta mengkaji strategi yang paling sering digunakan dan yang tidak sering digunakan oleh mahasiswa dari Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Padang. Penelitian deskriptif ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik total sampling digunakan untuk semua mahasiswa pendidikan bahasa Inggris yang ada di kelas internasional untuk tahun akademik 2019/2020. Data dikumpulkan melalui kuesioner Inventarisasi Strategi untuk Belajar Bahasa (SILL) versi 7.0 yang dikembangkan oleh Oxford dan diberikan kepada 82 mahasiswa pendidikan bahasa Inggris kelas internasional. SILL terdiri dari 50 pernyataan yang memiliki enam kategori serta Memori, Kognitif, Kompensasi, Metakognitif, Afektif, dan Sosial. Data dianalisis melalui M.Excel dan SPSS versi 25. Hasilnya menunjukkan semua mahasiswa pendidikan bahasa Inggris kelas internasional menggunakan semua strategi di tingkat tinggi dengan rata-rata (Mean=3,80). Yang paling sering digunakan adalah strategi Metakognitif (M=4,01) dan yang paling tidak sering digunakan adalah strategi Afektif (M=3,53). Dapat disimpulkan bahwa strategie pembelajaran bahasa sangat penting dalam meningkatkan kesadaran belajar siswa dan mampu meningkatkan kecenderungan pembelajaran oleh tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa, Inventarisasi Strategi untuk Belajar Bahasa (SILL), pendidikan tinggi, mahasiswa pendidikan bahasa Inggris, konteks negara Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 12:17
Last Modified: 21 Dec 2025 12:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33469

Actions (login required)

View Item
View Item