Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Tinjauan Ala Permainan Hollywood Squares dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Padang

Sari, Rena Nurmala (2016) Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Tinjauan Ala Permainan Hollywood Squares dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RENA_NURMALA_SARI_1207448_1506_2016.pdf] Text
final_B1_1_RENA_NURMALA_SARI_1207448_1506_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Tinjauan Ala Permainan Hollywood Squares dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Padang. Hipotesis kerja (H1) yang dikemukakan adalah ―terdapat perbedaan hasil belajar siswa geografi yang signifikan menggunakan model pembelajaran aktif tipe tinjauan ala permainan Hollywood Squares lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional (metode ceramah)‖. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi adalah 6 (enam) kelas XI SMAN 2 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan purposive sampling (sampel yang ditunjukkan). Alat pengumpul data penelitian adalah tes hasil belajar. Hipotesis penelitian diuji dengan uji t pada taraf nyata 0,05 dan dk = 58. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 84,37 dan kelas kontrol 77,43. Dari hasil pengujian uji t diperoleh bahwa harga thitung sebesar 3,2697 dan ttabel sebesar 1,6720. Terlihat bahwa thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Jadi, hipotesis kerja (H1) dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa geografi yang signifikan menggunakan model pembelajaran aktif tipe tinjauan ala permainan Hollywood Squares lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional (metode ceramah).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TINJAUAN ALA PERMAINAN HOLLYWOOD SQUARES
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:44
Last Modified: 23 Dec 2025 01:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33455

Actions (login required)

View Item
View Item