Rinawati, Rinawati (2017) Peningkatan Penguasaan Fakta Dasar Perkalian dan Motivasi Belajar dengan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD Di Kelas III A SDN 17 Pakan Kurai Bukittinggi,. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RINAWATI_141240040_1312_2017.pdf [thumbnail of B1_01_RINAWATI_141240040_1312_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RINAWATI_141240040_1312_2017.pdf
Download (396kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena permasalahan yang dijumpai guru dalam pembelajaran Matematika khususnya perkalian di SDN 17 Pakan Kurai Kecamataan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, dimana penguasaan perkalian dan motivasi belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti mencoba memperbaiki pembelajaran Matematika khususnya perkalian dan motivasi belajar dengan mempergunakan pendekatan Kooperatif Tipe STAD, karena pendekatan ini membuat siswa memiliki motivasi yang tinggi, aktif dan kreatif serta dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap perkalian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III A yang berjumlah 28 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata penguasaan fakta dasar perkalian siswa dari data awal sebesar 69,7 menjadi 82,6 pada siklus I dan 92,8 pada siklus II. Berdasarkan nilai tersebut penguasaan siswa terhadap fakta dasar perkalian berada pada kualifikasi sangat baik.Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19,1% dari 69,9% pada pra siklus menjadi 89% pada akhir siklus I dan 90,3% pada akhir siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan penguasaan fakta dasar perkalian dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 04:17 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3344 |