Sulastri, Neneng (2012) Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa terhadap Teks Deskriptif Melalui Collaborative Strategic Reading (CSR) pada Siswa Kelas X4 SMAN 8 Padang. Masters/Tesis thesis, Universita Negeri Padang.
final_2_NENENG_SULASTRI_19363_4889_2012.pdf
Download (193kB)
Abstract
Neneng Sulastri, 2012. Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa terhadap Teks Deskriptif Melalui Collaborative Strategic Reading (CSR) Pada Siswa Kelas X4 SMAN 8 Padang. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa terhadap teks deskriptif melalui Collaborative Strategy Reading (CSR) pada siswa kelas X4 SMAN 8 Padang. Di samping itu, penelitian ini juga untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pemahaman membaca siswa terhadap teks deskriptif melalui Collaborative Strategy Reading (CSR). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan partisipan penelitian siswa kelas X4 SMAN 8 Padang yang terdiri dari tiga puluh lima siswa. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembaran observasi, catatan lapangan, interview, hasil tugas dan tes pemahaman bacaan. Penelitian ini terdiri dari 11 kali pertemuan dalam tiga siklus. Masing masing siklus menerapkan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil temuan dari tiga siklus dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa terhadap teks deskriptif meningkat dengan menerapkan Collaborative Strategy Reading (CSR). Peningkatannya dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai tes siswa pada siklus pertama yaitu 59,09. Pada siklus kedua meningkat menjadi 71.89, dan pada siklus ketiga menjadi 79.09. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mendukung meningkatnya pemahaman membaca siswa terhadap teks deskriptif melalui Collaborative Strategy Reading (CSR) yakni pengetahuan awal yang dimiliki siswa, pendekatan mengajar, strategi guru, manajemen kelas, aktifitas kelas, dan motivasi yang diberikan guru kepada siswa. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Collaborative Strategy Reading (CSR) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa terhadap teks deskriptif. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan dan masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam pembelajaran membaca.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Reading Comprehension, Descriptive Texts |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 06:28 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33432 |
