Aini, Arifa Qurratul (2024) Sistem Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_4_ARIFA_QURRATUL_AINI_20058149_857-2025.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Salah satu penyebabnya adalah pada tahap pemilahan mata pelajaran pilihan, siswa memakai aplikasi Aku Pintar untuk menentukan gaya belajar mereka. Dalam kurikulum Merdeka Belajar siswa yang memilih mata pelajaran pilihan harus sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sistem pemilihan mata pelajaran pilihan pada tahap persiapan, pelaksanaan dan pendampingan setelah penetapan mata pelajaran pilihan di kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Program pemilihan mata pelajaran pilihan di SMA Negeri 2 Lubuk Basung sudah berjalan selama 2 angkatan. Hal ini penting untuk dibahas lebih lanjut karena sistem pemilihan mata pelajaran pilihan ini merupakan program wajib sekolah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori teori fungsional struktural Talcott Parsons melalui skema AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 17 orang dengan kriteria informan yaitu siswa kelas XI Fase F, kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru BK. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dengan menggunakan analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman melalui empat tahap analisis yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pihak sekolah telah melaksanakan pengorganisasian dalam pelaksanaan pemilihan mata pelajaran pilihan sesuai dengan panduan kurikulum merdeka belajar dan dengan adanya perubahan pada kurikulum merdeka belajar dari kurikulum sebelumnya seperti dalam pelaksanaan pemilihan mata pelajaran pilihan ini terdapat juga berbagai kendala bagi siswa dalam menentukan mata pelajaran pilihan yang seharusnya sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya seperti siswa tidak diberikan tes kecerdasan IQ sebelum pemilihan mata pelajaran pilihan sehingga membuat siswa ragu dalam memilih mata pelajaran pilihan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan mereka. Selanjutnya dalam pemilihan mata pelajaran pilihan pihak sekolah hanya berpatokan dengan nilai siswa pada kelas X .
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan |
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 11:38 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 11:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33431 |
