Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Fikriani, Tiara (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_TIARA_FIKRIANI_14205059_1860_2016.pdf] Text
final_03_TIARA_FIKRIANI_14205059_1860_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran matematika wajib dilakukan pada setiap jenjang pendidikan khususnya pada sekolah dasar dan menengah. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan dasar dari segala ilmu. Namun pada kenyataannya pembelajaran matematika di sekolah masih belum optimal dilihat dari pendekatan pembelajaran yang cenderung monoton dan peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika, terutama pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan peneltian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis guided inquiry pada materi persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis konsep terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan RPP dan LKPD berbasis guided inquiry pada materi sistem persamaan linear dua variabel, kemudian dilakukan evaluasi sendiri yang selanjutnya divalidasi oleh para ahli. Fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, angket praktikalitas guru, dan angket praktikalitas peserta didik. Data efektivitas diperoleh dari hasil tes akhir untuk pemecahan masalah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan telah valid dan praktis. Hasil tes akhir peserta didik dalam memecahkan masalah matematika tergolong efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Matematika Berbasis Model Guided Inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 12:42
Last Modified: 21 Dec 2025 12:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33429

Actions (login required)

View Item
View Item