Mardiah, Ainal (2024) Adaptasi Guru SMAN 6 Kerinci dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_4_AINAL_MARDIAH_20058143_558_2025.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mampu untuk mengakomodir karakteristik peserta didik yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi guru SMA Negeri 6 Kerinci terhadap pembelajaran berdiferensiasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan untuk mengetahui sejauh mana proses adaptasi guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka. Selanjutnya data dianalisis dengan beberapa tahap, yaitu redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada proses adaptasi oleh guru dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMA Negeri 6 Kerinci, adaptasi guru hanya bersifat prosedural bukan bersifat substansial. Temuan juga menggambarkan bahwa pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi masih ambigu sehingga proses pelaksanaan yang dilakukan guru masih sama seperti kurikulum sebelumnya, dalam artian proses pembelajaran yang diterapkan tidak berdasarkan modul ajar yang dibuat guru. selain itu tidak ada dukungan dari sekolah dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi seperti sarana dan prasana yang ada masih minim untuk bisa digunakan dan tidak ada pelatihan yang terima oleh guru serta tidak ada dilakukan asesmen diagnostitik. Guru harus menerapkan pembelajaran berdiferensiasi bukan hanya secara prosedural tapi pembelajaran berdiferensiasi harus diterapkan secara substansial. Dengan demikian, agar peserta didik dapat mencapai capaian pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya. Pembelajaran berdiferensiasi harus diterapkan dengan baik dan semestinya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Adaptasi, Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Implementasi |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 07:12 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 07:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33424 |
