Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil BelajarFisika Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Virtual Lab pada Siswa Kelas IX D MTsN Sungayang

Afrilian, Lince (2013) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil BelajarFisika Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Virtual Lab pada Siswa Kelas IX D MTsN Sungayang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_LINCE_AFRILIAN_11101_4510_2014.pdf] Text
final_3_LINCE_AFRILIAN_11101_4510_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siswa kelas IX D MTsN Sungayang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi tertentu dan untuk menarik kesimpulan. Siswa lebih banyak diam dan hanya sedikit siswa yang mau terlibat dalam proses pembelajaran. Kondisi ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Kekurangan sarana laboratorim juga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa.Hal ini diduga menyebabkanaktivitas dan hasil belajar fisika siswa rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri melalui virtual labpada siswa kelas XI D MTsN Sunagayang. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek Penelitian adalah siswa kelas IX D MTsN Sungayang tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar.Instrumen penelitian adalah lembar observasi (aktivitas, psikomotor dan afektif) dan tes hasil belajar fisika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif . Hasil penelitian adalah aktivitas belajar siswameningkat dari 54,9% pada siklus I menjadi 86,4% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar ini diikuti oleh peningkatan hasil belajar siswa dari 45,5% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II pada ranah kognitif, dari 58 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II hasil belajar pada ranah psikomotor. dan hasil belajar ranah pada afektif siswa meningkat dari 65 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan model pembelajaran inkuiri melalui virtual lab dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri Virtual Laboratory Aktivitas Belajar Hasil Belajar Fisika Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan Penerbitan
Date Deposited: 21 Dec 2025 13:11
Last Modified: 21 Dec 2025 13:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33413

Actions (login required)

View Item
View Item