Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Padang

Maroha, Subur (2013) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SUBUR_MAROHA_96338_776_2013.pdf] Text
final_B1_1_SUBUR_MAROHA_96338_776_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama, siswa masih kesulitan mengembangkan ide tulisan. Kedua, siswa masih kesulitan menggambarkan alur, penokohan, serta latar cerita. Ketiga, dari segi kebahasaan, siswa masih kesulitan dalam memanfaatkan struktur bahasa dan kosakata bahasa Indonesia, seperti ditemukannya kalimat-kalimat yang tidak efektif dan pilihan kata yang tidak tepat. Keempat, kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran, sehingga siswa tidak tertarik mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerita pendek. Kedua, media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis cerita pendek dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis cerita pendek dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII SMP Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 72,53. Kedua, keterampilan menulis cerita pendek tanpa menggunakan media audio visual siswa kelas VII SMP Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,04. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 karena thitung > ttabel (2,23 > 1,67). Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media audio visual dalam keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas VII SMP Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 00:57
Last Modified: 23 Dec 2025 00:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33403

Actions (login required)

View Item
View Item