Nentis, Nentis (2020) Errors in Using Prepositions Made by English Freshmen Majoring on Literature at Universitas Negeri Padang in Academic Year 2019. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_NENTIS_15018032_677_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dalam penggunaan kata depan (preposisi). Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa baru Jurusan Bahasa Inggris, program kependidikan sastra Inggris pada tahun akademik 2019. Dari 103 siswa, 31% dari mereka dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik pengambilan sample acak sederhana. Data diperoleh dengan menggunakan tes gap-filling. Hasil data analisis menunjukkan bahwa dari 1.240 jawaban dalam tes, terdapat 796 kesalahan yang dibuat oleh siswa. Kesalahan tersebut terdiri dari 184 (59%) pada kata depan (preposisi) yang menandai waktu, 213 (69%) pada kata depan (preposisi) yang menandai tempat, 236 (76%) pada kata depan (preposisi) yang menandai arah/pergerakan dan 163 (52%) pada jenis kata depan (preposisi) lainnya. Selanjutnya, terkait dengan faktor penyebab kesalahan yang dibuat siswa, hal tersebut merupakan target bahasa itu sendiri yang sebagian besar menyebabkan siswa melakukan kesalahan (intralingual transfer). Berdasarkan penemuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa baru Bahasa Inggris melakukan kesalahan dalam penggunaan kata depan (preposisi) dan kesalahan itu sendiri sebagian besar disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam tata Bahasa Inggris.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, KesalahanPpreposisi, Mahasiswa Baru Bahasa Inggris |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 20:38 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 07:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33390 |
