Mulyanti, Mulyanti (2012) Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Proses Pembelajaran Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MULYANTI_52051_6347_2012.pdf
Download (229kB)
Abstract
Konsepsi siswa merupakan hasil interaksi siswa terhadap konsep– konsep. Konsepsi siswa dipengaruhi oleh karakteristik materi, siswa dan guru. Miskonsepsi dan ketidakpahaman yang dialami siswa merupakan permasalahan dalam proses pembelajaran yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis dan mendeskripsikan proses pembelajaran dalam pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (2) mendeskripsikan konsepsi siswa (paham, miskonsepsi, tidak paham) dalam pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (3) mengidentifikasi faktor– faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi siswa pada proses pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Bukittinggi pada kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa tes diagnostik bertingkat dua. Tes diagnostik bertingkat dua digunakan untuk mengetahui konsepsi siswa setelah dilaksanakannya proses pembelajaran. Teknik non tes berupa observasi dan wawancara. Dalam melaksanakan observasi terhadap proses pembelajaran peneliti menggunakan Permendiknas No 41 tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 di SMA N 1 Bukittinggi diketahui bahwa (1) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan belum sesuai dengan Permendiknas No 41 tahun 2007, (2) penilaian yang dilakukan sudah sesuai dengan Permendiknas No 41 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan (3) siswa mengalami miskonsepsi dan tidak paham pada 6 konsep dari 7 konsep yang ada pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan, tingkat miskonsepsi tertinggi pada konsep tingkat kelarutan dan konsep terbentuk atau tidaknya endapan dan tingkat tidak paham tertinggi pada konsep terbentuk atau tidaknya endapan dan ion senama (4) konsepsi siswa dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya siswa, materi, dan guru.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 00:54 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 00:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33380 |
