Afia, Fahmi (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Collaboration Siswa Pada Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament di SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_FAHMI_AFIA_15046092_5815_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan
collaboration siswa dalam pembelajaran ssejarah terutama pada kelas XI IPA 9
SMAN 1 Padang. Dalam pembelajaran sejarah terdapat beberapa kendala yang
menyebabkan rendahnya kemampuan kerjasama siswa yaitu siswa kurang
berpartisipasi dalam pembelajaran berkelompok terutama dalam bertanya dan
berpendapat, selain itu kurangnya penggunaan model yang bervariasi dalam
pembelajaran sejarah. Untuk menghadapi permasalah tersebut peneliti
menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam
pembelajaran sejarah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
collaboration/kerjasama siswa dalam pembelajaran sejarah pada kelas XI IPA 9
SMAN 1 Padang. Penelitian ini juga bermanfaat bagi bahan masukan untuk guru
terutama guru sejarah SMAN 1 Padang dalam menerapkan kemampuan
collaboration/kerjasama siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai
dengan pembelajaran abad ke-21.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang dilakukan dengan empat langkah penelitian yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Perencanaan berkaitan dengan persiapan dalam
membuat RPP dan LKP serta instrumen penelitian, tindakan berkaitan dengan
penerapan model dalam proses pembelajaran, observasi yaitu melakukan
pengamatan terhadap kemampuan kerjasama siswa yang dilakukan oleh observer,
dan refleksi merupakan kegiatan diskusi yang dilakukan untuk melihat
kekurangan dan peningkatan yang terjadi pada setiap pertemuan.
Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 9 SMAN 1 Padang dengan
jumlah siswa sebanyak 36 orang pada semester Juli-Desember. Instrumen yang
digunakan yaitu lembar observasi dengan empat indikator collaboration. Hasil
penelitian dihitung dengan rumus pesentse P=(F/N)X100%. Presentase
collaboration siswa pada siklus I sebesar 64,60% pada siklus II menjadi 84,80%
naik sebanyak 20,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan
kemampuan collaboration/kerjasama siswa di kelas XI IPA 9 SMAN 1 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Collaboration/Kerjasama, Pembelajaran Sejarah, Teams Games Tournament |
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 09:46 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 09:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33374 |
