Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Darmayanti, Adelina (2016) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_ADELINA_DARMAYANTI_14174042_6112_2016.pdf] Text
final_2_ADELINA_DARMAYANTI_14174042_6112_2016.pdf

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu motivasi belajar, pembelajaran keterampilan menulis berita, metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan metode konvensional.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu dengan factorial design 2x2. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu skor keterampilan menulis berita sebagai variabel terikat, metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw variabel bebas, dan motivasi belajar sebagai variabel moderator. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa (30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol) yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor motivasi belajar dan skor tes keterampilan menulis berita pada kedua kelas sampel. Hasil penelitian ini ada empat. Pertama, keterampilan menulis berita yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Kedua, keterampilan menulis berita siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan metode kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada keterampilan menulis berita siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan metode konvensional. Ketiga, keterampilan menulis berita siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan metode kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada keterampilan menulis berita siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan metode konvensional. Keempat, terdapat interaksi antara metode kooperatif tipe Jigsaw dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis berita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw efektif digunakan untuk pembelajaran menulis berita.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: kooperatif tipe jigsaw ; menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 08:12
Last Modified: 21 Dec 2025 08:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33363

Actions (login required)

View Item
View Item