Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Goal Orientation terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan

Pulungan, Muhammad Zuhdi (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Goal Orientation terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MUHAMMAD_ZUHDI_PULUNGAN_19609_2017_2015.pdf] Text
final_3_MUHAMMAD_ZUHDI_PULUNGAN_19609_2017_2015.pdf

Download (790kB)

Abstract

Penyebab rendahnya kemampuan matematika siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Batangtoru antara lain adalah karena metode pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Goal Orientation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap : 1) perbedaan hasil belajar siswa jika diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model ekspositori. 2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki mastery goal orientation dibandingkan dengan siswa yang memiliki pefrormance goal orientation. 3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan goal orientation dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment design). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Barangtoru Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen berupa angket dan tes kemampuan matematika. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji Anava Dua Arah. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki Mastery Goal Orientation dengan siswa yang memiliki Performance Goal Orientation 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan goal orientation dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Dec 2025 00:53
Last Modified: 23 Dec 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33362

Actions (login required)

View Item
View Item