Fadhli, Nanda (2016) Penerapan Teknik Brainstorming terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NANDA_FADHLI_ 1101214_1101214_1444_2016.pdf [thumbnail of B1_01_NANDA_FADHLI_ 1101214_1101214_1444_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NANDA_FADHLI_ 1101214_1101214_1444_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematika merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Namun, hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuk Basung menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum terbiasa untuk mengemukakan ide dan fikirannya dan siswa juga kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis diperlukan suatu teknik dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya adalah teknik Brainstorming. Teknik Brainstorming merupakan teknik yang dilakukan dengan cara meminta siswa untuk mengeluarkan ide-ide yang mereka punya tanpa menyalahkan atau membenarkan jawaban tersebut. Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk melihat apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan teknik Brainstorming lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lubuk Basung.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay yang telah valid dan reliabel dengan taraf signifikan �=0,05. Data tes akhir kemampuan komunikasi matematis siswa dianalisis dengan menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji U Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan teknik Brainstorming tidak lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lubuk Basung dengan taraf signifikan 0,05. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai P-value yang diperoleh adalah 0,1879 > 0,05. Sehingga berarti terima H0.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEKNIK BRAINSTORMING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:33 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3336 |