Analisis Kepuasan Pasie terhadap Pelayanan UPT Puskesmas Wilayah Kerja Kecamatan Sungai Tarab II Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Impotrtance Performance Analysis

Mulya, Eva (2018) Analisis Kepuasan Pasie terhadap Pelayanan UPT Puskesmas Wilayah Kerja Kecamatan Sungai Tarab II Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Impotrtance Performance Analysis. Skripsi.

[thumbnail of final_B1_02_EVA_MULYA_14037010_644_2018.pdf] Text
final_B1_02_EVA_MULYA_14037010_644_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan Untuk Ditingkat Dasar Di Indonesia Adalah Melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Yang Merupakan Salah Satu Sarana pelayanan kesehatan Masyarakat Yang Amat Penting Di Indonesia. Namun, Pelayanan Puskesmas Masih Memiliki Kendala Seperti Sarana Dan Prasarana Yang Kurang Memadai Serta Masih Terdapatnya Kesenjangan Kualitas Pelayanan Yang Diberikan pihak Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan (kinerja) terhadap kualitas pelayanan yang diberikan UPT Puskesmas Sungai Tarab II dan mengetahui atribut apa yang harus ditingkatkan dan dipertahankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang minimal 2 kali menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas serta umur responden lebih dari 15 tahun dan sampel berjumlah 96 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 20 item pernyataan. Data yang diperoleh diolah menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil Customer Satisfaction Index (CSI) indeks kepuasan pasien sebesar 69,64%. Berarti nilai tersebut berada pada rentang nilai CSI diantara 66%-80,99% berarti pasien merasa puas atas kinerja Puskesmas. Untuk Tingkat Kesesuaian (Tki) antara harapan dan kepuasan pasien adalah sebesar 84,60% dan berada di bawah 100% ini menunjukkan bahwa kinerja UPT Puskesmas Sungai Tarab II belum memenuhi kepuasan pasien Puskesmas. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) atribut-atribut layanan yang perlu ditingkatkan seperti ketepatan dan kemudahan dalam prosedur penerimaan pasien. Atribut yang harus dipertahankan seperti pihak puskesmas memberikan pelayanan yang sama kepada setiap pasien tanpa memandang statius sosial, atribut tersebut harus dipertahankan karena kinerja dari Puskesmas sudah sesuai dengan harapan pasien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Puskesmas Sungai Tarab II, Kepuasan Pasien, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 08:15
Last Modified: 22 Dec 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33338

Actions (login required)

View Item
View Item