Ruslani, Silfia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Brainstorming terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X E 4 di MAN Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_SILFIA_RUSLANI_20045075_467_2025.pdf
Download (8MB)
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming terhadap hasil belajar geografi siswa di kelas X E 4 MAN Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis metode ekperimen semu (quasi experimental design) tipe Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu, didapatkan kelas eksperimen X E 4 (19 siswa) dan kelas kontrol X E 1 (19 siswa). Pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes 20 butir soal objektif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 67,63. Pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan pengetahuan atau N-Gain sebesar 0,54 berada pada kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh peningkatan pengetahuan atau N-Gain sebesar 0,12 berada pada kategori rendah. Besarnya pengaruh variable X terhadap variable Y sebesar 60,9% dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming terhadap hasil belajar dengan arah pengaruh positif. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming terhadap hasil belajar siswa dapat diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Round Robin Brainstorming, Hasil Belajar |
| Subjects: | G Geography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 07:59 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33309 |
