Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Lengayang

Suhardi, Dedi (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Lengayang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_DEDI_SUHARDI_111736024_2012.pdf] Text
final_3_DEDI_SUHARDI_111736024_2012.pdf

Download (163kB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan Peluang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah bentuk pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Guru lebih banyak mendominasi kegiatan belajar mengajar. Siswa cenderung hanya mendengar, mencatat definisi, rumus, contoh soal, dan mengerjakan latihan. Bentuk pembelajaran seperti ini kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, akibatnya siswa hanya bekerja secara prosedural. Cara yang dianggap tepat untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah suatu model belajar kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa agar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran pokok bahasan Peluang. Hipotesis penelitian adalah pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Lengayang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Lengayang yang berjumlah 26 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mencapai 88,46%. Selain itu, mereka memperhatikan penjelasan teman/guru dalam kelompok agar kegiatan berjalan dengan baik. Siswa sudah bekerjasama dalam kelompok serta berusaha membantu teman dalam menyelesaikan tugas, menjawab pertanyaan, menjelaskan pendapat, membuat ringkasan hasil diskusi, dan bertanya kepada teman/guru jika ada masalah yang tidak dimengerti. Terbukti bahwa pembelajaran pokok bahasan Peluang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Lengayang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Menunjukkan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mencapai 88,46%.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 20 Dec 2025 21:19
Last Modified: 20 Dec 2025 21:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33305

Actions (login required)

View Item
View Item