Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Materi Elastisitas di Kelas XI SMA

Siregar, Dedes Asriani (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Materi Elastisitas di Kelas XI SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_DEDES_ASRIANI_SIREGAR_1204204_1204204_1498_2015.pdf] Text
final_3_DEDES_ASRIANI_SIREGAR_1204204_1204204_1498_2015.pdf

Download (861kB)

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung tujuan tersebut adalah pembelajaran berbasis pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kriteria valid, praktis, dan efektif untuk materi elastisitas. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Tahap pendefinisian dilakukan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis peserta didik. Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, modul, LKPD dan penilaian. Tahap pengembangan dilakukan uji validitas melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, LKPD, modul dan angket respon guru dan peserta didik, uji efektifitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Hasil tahap pendefenisian diperoleh melalui analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis materi, analisis tujuan pembelajaran. Hasil tahap perancangan diperoleh dari perancangan perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan didapatkan perangkat yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Pada tahap uji praktikalitas yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. Hasil analisis efektifitas perangkat berada pada kategori sangat efektif yang dapat dilihat dari nilai pengetahuan terdapat 94,53% peserta didik memperoleh nilai tuntas, pada penilaian keterampilan 95,30% peserta didik yang memperoleh nilai tuntas dan pada penilaian sikap 100% peserta didik bersikap baik. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi elastisitas dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan (research and development).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 20 Dec 2025 21:00
Last Modified: 21 Dec 2025 07:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33301

Actions (login required)

View Item
View Item