Ririen, Deci (2013) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Pikiran, Peta Konsep dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Kimia X MAN 1 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_DECI_RIRIEN_19485_2826_2013.pdf
Download (384kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya pemahaman siswa mengenai konsep-konsep kimia. Hal ini terlihat pada nilai sebagian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga pembelajaran kimia belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Pekanbaru pada materi pokok Hidrokarbon menggunakan strategi peta pikiran dan peta konsep ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan faktorial 2x2. Waktu pengambilan data dari tanggal 28 Februari 2012-20 April 2012. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.1 dan X.2. Teknik analisis data menggunakan Uji-t dua pihak untuk hipotesis pertama, ketiga dan keempat dengan kriteria terima H0 jika -ttabel < thitung < ttabel dengan α 0,05, serta anava dua arah untuk hipotesis kedua dengan kriteria terima H0 apabila Fhit<Ftab dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan untuk hipotesis pertama terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan strategi peta pikiran dan strategi peta konsep, diperoleh thitung = 2,76 sedangkan ttabel = 2,00. Uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa dalam meningkatkan hasil belajar, diperoleh nilai Fhitung adalah 1,18 dan nilai untuk Ftabel adalah 4,20 dan hipotesis ketiga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara siswa pengetahuan awal tinggi yang menggunakan peta pikiran dengan siswa pengetahuan awal tinggi yang menggunakan peta konsep, diperoleh thitung = 2,30 dan ttabel = 2,04, dan untuk hipotesis keempat juga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa pengetahuan awal rendah yang menggunakan strategi peta pikiran dengan siswa pengetahuan awal rendah yang menggunakan strategi peta konsep, diperoleh thitung =3,69 sedangkan ttabel =2,08.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hipotesis pertama terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan strategi peta pikiran dan strategi peta konsep, diperoleh thitung = 2,76 sedangkan ttabel = 2,00. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 20:39 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 07:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33295 |
