Lovely Dwina, Debby (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Riset Dengan Strategi Predict-Observe-Explain Untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat Optik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_DEBBY_LOVELY_DWINA_14175051_6473_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan utama kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pencapaian tujuan kurikulum 2013 ini adalah dengan mengembangkan modul Fisika SMA yang mampu memandirikan dan mengaktifkan peserta didik dalam belajar sehingga mampu menumbuhkan sikap produktif, kreatif, inovatif, dan afektif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang mampu memandirikan dan mengaktifkan peserta didik dalam belajar adalah model pembelajaran berbasis riset. Oleh karena itu, pengembangan modul yang dilakukan merupakan pengembangan modul berbasis riset dengan strategi predict-observe-explain (POE). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal (preliminary research), fase pengembangan atau pembuatan prototipe (Prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Pada fase investigasi awal dilakukan analisis awal-akhir, analisis peserta didik, dan analisis materi terkait permasalahan dalam pembelajaran Fisika. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan modul pembelajaran berbasis riset dengan stategi POE pada materi Alat-alat Optik, kemudian dilakukan evaluasi sendiri dan tinjauan ahli. Fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar angket praktikalitas guru dan peserta didik, selanjutnya data uji efektivitas diperoleh dari kompetensi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Hasil penelitian pada tahap preliminary research yaitu hasil analisis awal-akhir adalah performa sarana dan prasarana cukup, pengetahuan dan keterampilan, sikap disiplin dan taggung, serta sumber belajar dan materi harus dimaksimalkan. Hasil analisis materi, jawab harus diperkuat materi Alat-alat Optik dikaji dan dijabarkan berdasarkan faktual, konseptual, prinsipal, dan prosedural. Hasil tahap analisis peserta didik adalah pendalaman dan penguatan pada sikap sosial; pengetahuan faktual, prinsipal, dan prosedural; serta keterampilan mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan peserta didik. Selanjutnya hasil dari tahap perancangan (prototyping phase) yaitu modul pembelajaran memenuhi kriteria valid (evaluasi diri 0,89 dan tinjauan ahli 0,92), dan sangat praktis menurut peserta didik uji kelompok kecil (87,63), serta sangat praktis menurut guru (89,41) dan peserta didik uji lapangan (88,89). Lebih lanjut, hasil tahap penilaian (assesment phase) adalah modul pembelajaran efektif pada kompetensi sikap (95,37), kompetensi pengetahuan (86,11), dan kompetensi keterampilan (87.04). Kesimpulan penelitian adalah modul pembelajaran berbasis riset dengan strategi POE pada materi Alat-alat Optik telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran SMA, strategi predict-observe-explain (POE), pembelajaran berbasis riset, materi alat-alat optik. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 07:47 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 07:47 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33288 |
