Darwis, Darwis (2014) Peningkatan Kompetensi Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Komputer pada Pembelajaran Fisika di SMA Swasta Muhammadiyah 11 Padang Sidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_DARWIS_51594_4207_2014.pdf
Download (667kB)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya kompetensi fisika siswa di kelas XI-A SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan. Salah satu penyebabnya karena kurangnya variasi dalam pembelajaran dan penggunaan media belajar. Dari sisi siswa terlihat kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran antara lain : siswa kurang aktif dalam bertanya dan mengemukakan pendapat. Di samping itu, kompetensi belajar siswa masih kurang, ini terlihat siswa masih sulit memahami masalah-masalah materi fisika dan menjawab soal-soal pada materi fisika dalam proses pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kompetensi fisika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI-A SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan dalam pokok bahasan Usaha dan Energi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah di SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan. Subjek penelitian kelas XI IPA-A dengan jumlah 25 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes kompetensi siswa.Teknik analisis data adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2013-2014. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi belajar siswa. Dari 6 indikator yang diamati (70) sudah berada pada kriteria baik sekali dan persentasi siswa yang tuntas belajar meningkat dari 32% pada siklus I, 72% pada siklus II menjadi 84% pada siklus III. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media komputer dalam pembelajaran Fisika kelas XI-A SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan dapat meningkatkan kompetensi belajar Fisika siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Komputer |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 21:08 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 07:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33274 |
