Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran REACT

Yunis, Hilma (2020) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran REACT. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HILMA_YUNIS_16029011_4161_2020.pdf] Text
B1_01_HILMA_YUNIS_16029011_4161_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran REACT.
Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang rendah
disebabkan karena proses pembelajaran yang belum optimal. Melalui penelitian
ini diuraikan secara teoritis bagaimana model pembelajaran REACT dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Pengumpulan data dilakukan
dengan mencari, mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber yang
berkaitan dengan topik yang dibahas baik dari buku teks, jurnal maupun sumber
lainnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Analisis ini diperlukan
untuk membahas secara mendalam mengenai peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran
REACT.
Kesimpulan dari studi literatur ini adalah secara teoritis kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik dapat ditingkatkan dengan model
pembelajaran REACT. Penerapan setiap tahapan model pembelajaran REACT
dapat mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga dapat membantu peserta
didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tahapan
relating akan mendorong peserta didik untuk mampu memahami masalah
dengan mengaitkan suatu masalah dengan pengetahuan yang dimilikinya secara
mandiri. Pada tahap experiencing, peserta didik akan dituntun untuk
mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri melalui kegiatan eksplorasi dan
penemuan. Tahapan applying akan mendorong peserta didik untuk dapat
menerapkan konsep ke dalam latihan soal yang realistik dan relevan. Pada tahap
cooperating, peserta didik akan didorong untuk aktif dalam menyelesaikan
masalah dengan benar, lengkap dan sisitematis secara berkelompok. Pada tahap
transferring, peserta didik dituntun untuk mentransfer pengetahuan yang telah
didapat ke dalam konteks lain untuk mampu menyelesaikan masalah yang lebih
kompleks.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran REACT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 07 Mar 2025 07:09
Last Modified: 07 Mar 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3327

Actions (login required)

View Item
View Item