Yunis, Hilma (2020) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran REACT. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_HILMA_YUNIS_16029011_4161_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tulisan ini membahas tentang kemampuan pemecahan masalah 
matematis peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran REACT. 
Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang rendah 
disebabkan karena proses pembelajaran yang belum optimal. Melalui penelitian 
ini diuraikan secara teoritis bagaimana model pembelajaran REACT dapat 
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.  
Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Pengumpulan data dilakukan 
dengan mencari, mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber yang 
berkaitan dengan topik yang dibahas baik dari buku teks, jurnal maupun sumber 
lainnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Analisis ini diperlukan 
untuk membahas secara mendalam mengenai peningkatan kemampuan 
pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran 
REACT. 
Kesimpulan dari studi literatur ini adalah secara teoritis kemampuan 
pemecahan masalah matematis peserta didik dapat ditingkatkan dengan model 
pembelajaran REACT. Penerapan setiap tahapan model pembelajaran REACT 
dapat mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga dapat membantu peserta 
didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tahapan 
relating akan mendorong peserta didik untuk mampu memahami masalah 
dengan mengaitkan suatu masalah dengan pengetahuan yang dimilikinya secara 
mandiri. Pada tahap experiencing, peserta didik akan dituntun untuk 
mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri melalui kegiatan eksplorasi dan 
penemuan. Tahapan applying akan mendorong peserta didik untuk dapat 
menerapkan konsep ke dalam latihan soal yang realistik dan relevan. Pada tahap 
cooperating, peserta didik akan didorong untuk aktif dalam menyelesaikan 
masalah dengan benar, lengkap dan sisitematis secara berkelompok. Pada tahap 
transferring, peserta didik dituntun untuk mentransfer pengetahuan yang telah 
didapat ke dalam konteks lain untuk mampu menyelesaikan masalah yang lebih 
kompleks.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran REACT | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 | 
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd | 
| Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:09 | 
| Last Modified: | 07 Mar 2025 07:09 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3327 | 
         