Darwati, Darwati (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN Kota Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_DARWATI_1203810_5193_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan matematis siswa SMA Negeri di Kota Solok khususnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan tidak terbiasa mengerjakan soal-soal dalam bentuk pemecahan masalah sehingga pembelajaran kurang bermakna yang menyebabkan siswa sulit menguasai materi pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1, 2, dan 3 Kota Solok Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Kota Solok dan siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Kota Solok. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket motivasi belajar matematika. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedangdanrendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatiftipe NHT juga lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, motivasi belajar matematika siswa yang berkemampuan awal tinggi dan sedang dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pembelajaran konvensional, sedangkan motivasi belajar siswa dengan kemampuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sama dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Eksperimen Semu |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 20:29 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 07:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33269 |
