Hidayati, Yulli (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YULLI_HIDAYATI_1200876_3974_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, 2) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan 3) menganalisis pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap tingkat keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statik dua kelompok (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang yang terdaftar tahun 2014/2015, yaitu 319 orang siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 orang, kelas kontrol 34 orang dan kelas eksperimen 28 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuri. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis paragraf argumentasi dengan dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan paragraf argumentasi tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 68,95. Kedua, keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 80,95. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel (4,48> 1,67). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 4,48>1,67. Dengan kata lain, strategi pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | X SMA Adabiah 2, Padang |
| Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 05:57 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 05:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33259 |
