Penerapan Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak Negeri II Padang

Melisa, Trilia (2024) Penerapan Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak Negeri II Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_TRILIA_MELISA_19022044_483_2025.pdf] Text
B1_7_TRILIA_MELISA_19022044_483_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang ini memakai kurikulum Merdeka, dimana pada kurikulum Merdeka guru memiliki kebebasan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik serta kebutuhan peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan adanya kegiatan sains yang ada di TK Negeri II Padang dalam proses pembelajaran yang menerapkan pembelajaran sains dengan tujuan untuk mengetahui apa yang dirasakan oleh anak pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran sains dan strategi dalam kegiatan pembelajaran di TK Negeri II Padang. Dalam penelitian akan dilihat bagaimana penerapan, strategi, evaluasi dari penerapan pembelajaran sains ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dilanjutkan dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan adapun pemeriksaan keabsahan data dengan mentriangulasi data yang sudah diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum optimalnya penerapan pembelajaran sains dalam kegiatan pembelajaran di TK Negeri II Padang. Hal ini dapat dilihat dari (1) Pelaksanaan pembelajaran sains tidak ditemukan pada kegiatan pembuka namun peneliti melihat pada kegiatan inti dalam proses pembelajaran, dan tidak tidak ditemukan pada kegiatan penutup pembelajaran (2) strategi yang digunakan berupa modul ajar dan rancangan kegiatan pembelajaran yang ada di dalam buku pedoman guru.Pelaksanaan Dalam Pembelajaran Sains Di TK Negeri II Padang melalui dukungan media pembelajaran serta alat dan bahan pembelajaran maka anak lebih mudah untuk mengikuti proses pembelajaran, (3) Pelaksanaan penilaian dilakukan dengan catatan anekdot, hasil karya, foto berseri, dan ceklis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 04:40
Last Modified: 21 Dec 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33250

Actions (login required)

View Item
View Item