Hidayat, Nuzul and Arif, Ahmad and Martias, Martias (2019) Perbandingan Kemampuan Pelepasan Panas Pada Alat Penukar Panas Radiator Straight Fin Jenis Circular Cylinder Tube Dengan Flat Tube. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi (INVOTEK), 19 (1). pp. 17-24. ISSN 2549 – 9815
![NUZUL_HIDAYAT_JURNAL_INVOTEK_2019_SEBAGAI_KETUA.pdf [thumbnail of NUZUL_HIDAYAT_JURNAL_INVOTEK_2019_SEBAGAI_KETUA.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUZUL_HIDAYAT_JURNAL_INVOTEK_2019_SEBAGAI_KETUA.pdf
Download (2MB)
Abstract
Mesin mobil pasti menghasilkan panas akibat pembakaran dari bahan bakar.
Disatu sisi panas ini menguntungkan jika dikendalikan dengan baik yaitu antara 700C-
900C namun sebaliknya jika panas ini tidak terkendali maka akan menimbulkan masalah.
Apabila temperatur ini dibiarkan maka akan menyebabkan mesin menjadi overheating
sehingga bisa membuat kerusakan pada komponen-komponen mesin. Dalam hal ini perlu
solusi untuk menjaga mesin tetap dalam tempertur kerja dengan cara melengkapi mesin
dengan sistem pendingin. Disamping itu perkembangan dalam teknologi desain radiator
saat ini sudah menciptakan radiator memiliki banya varian dan bentuk, dan yang paling
umum berkembang adalah model straight fin dengan flat tube dan circular cylinder tube.
Kondisi ini membuat peneliti tertarik desain yang mana yang paling bagus dalam pelepasan
panas untuk mendinginkan air pendingin. Untuk itu perlu upaya untuk mengetahui
kemampuan radiator secara jelas agar ini dapat membantu dalam pemilihan komponen
pada sebuah mobil sehingga mesin tidak mengalami overheating atau mesin tetap menjaga
temperatur kerjanya. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental yaitu dengan
menvariasikan tipe radiator dan putaran mesin serta memberikan perlakuan yang sama
terhadap benda uji. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari semua variasi kecepatan jenis
radiator yang memiliki kemampuan pelepasan panas yang baik adalah tipe flat tube dengan
nilai efektifitas 0.593 dengan variasi kecepatan aliran 3.52 m/s dan 120 s. Dapat
disimpulkan dari penelitian adalah radiator tipe flat tube memiliki pelepasan panas lebih
baik dari tipe circular cylinder tube.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Over heating, radiator straight fin, flat tube, circular cylinder tube. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Otomotif-D3 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:04 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3325 |