The Effect of Cooperative Learning Model Type Group Investigation to Reasoning Ability and Mathematical Problem Solving Ability AT Seventh Grade Students of SMP Negeri Jambi

Yarmayani, Ayu (2013) The Effect of Cooperative Learning Model Type Group Investigation to Reasoning Ability and Mathematical Problem Solving Ability AT Seventh Grade Students of SMP Negeri Jambi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_AYU_YARMAYANI_1104066_5920_2013.pdf] Text
final_3_AYU_YARMAYANI_1104066_5920_2013.pdf

Download (629kB)

Abstract

Hasil tes kemampuan awal dan wawancara dengan guru menunjukan bahwa kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Jambi, SMP Negeri 14 Kota Jambi dan SMP Negeri 25 Kota Jambi.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Kota Jambi sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII D SMP Negeri 25 Kota Jambi sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis mengenai kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis.Data dianalisis menggunakan uji t dan uji ANAVA dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan.Pertama, kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara konvensional.Kedua, kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation tidak berbeda dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar melalui pembelajaran konvensional.Ketiga, kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa berkemampuan awal rendah yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada siswa berkemampuan awal rendah yang diajar melalui pembelajaran konvensional.Keempat, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Quasy Experimental Dengan Rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 06:33
Last Modified: 21 Dec 2025 06:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33223

Actions (login required)

View Item
View Item