Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di Kelas VII SMPN 3 Dayun Kabupaten Siak

Nuh, Muhammad (2013) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di Kelas VII SMPN 3 Dayun Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MUHAMMAD_NUH_1109914_45_2014.pdf] Text
final_3_MUHAMMAD_NUH_1109914_45_2014.pdf

Download (302kB)

Abstract

xktivitas dan hasil belajar IPA siswa SMPN 3 Dayun khususnya kelas VII tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antaranya proses pembelajaran selama ini bersifat teacher centre. Guru mengajar dengan metode yang tidak bervariasi, kurangnya sarana belajar, dan siswa tidak terlatih berkerjasama dalam tim. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA-Biologi siswa melalui penerapan pembelajaraan kooperatif tipe Jigsaw di kelas VII SMPN 3 Dayun Kabupaten Siak. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) penyusunan rencana, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Intsrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi siswa, lembar observasi guru, hasil tes belajar, dan catatan lapangan. Hasil analisis data dari tiga siklus yang dilalui pada penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa untuk semua indikator. Ketuntasan belajar secara klasikal adalah 99,66 % siswa sudah mencapai KKM. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA-Biologi siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Hasil pembelajaran siswa melalui koooperatif, peningkatan aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Dec 2025 16:14
Last Modified: 22 Dec 2025 16:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33203

Actions (login required)

View Item
View Item