Pembelajaran CUPs dan Kaitannya dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2012/2013

Wahyuni, Ori Adhitya (2013) Pembelajaran CUPs dan Kaitannya dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_ORI_ADHITYA_WAHYUNI_12500_5380_2013.pdf] Text
final_B1_1_ORI_ADHITYA_WAHYUNI_12500_5380_2013.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran matematika belum bisa memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran CUPs merupakan pembelajaran aktif dimana siswa diberi kesempatan untuk dapat mengkomunikasikan gagasannya secara lisan dan tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa selama belajar dengan model pembelajaran CUPs dan mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran CUPs lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pemebelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Batipuh dalam pembelajaran matematika. Hipotesis yang dirumuskan adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran CUPs lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang beajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan gabungan deskriptif dan kuasi eksperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Desegin. Sampel penelitian ini adalah VIII4 dan VIII2 SMPN 1 Batipuh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk melihat akivitas siswa saat pembelajaran dengan CUPs dan menggunakan tes hasil belajar berupa soal essay, dimana soal-soal tersebut memuat kemampuan komunikasi matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang berkaitan dengan aspek kemampuan komunikasi matematis siswa secara umum mengalami peningkatan. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran CUPs lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 22 Dec 2025 09:05
Last Modified: 22 Dec 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33187

Actions (login required)

View Item
View Item