Armayenni, Armayenni (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf melalui Penerapan Teknik Permainan Bahasa di SMP Negeri 33 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ARMAYENNI_81022_5937_2012.pdf
Download (156kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman mengajar selama ini di SMP Negeri 33 Padang, menulis merupakan keterampilan yang belum dikuasai oleh siswa secara maksimal. Paragraf yang dihasilkan siswa kurang runtut, logis, dan sistematis. Masalah ini diduga dipengaruhi oleh pembelajaran menulis selama ini kurang mengarahkan siswa pada kegiatan menulis, tetapi terfokus pada teori-teori menulis. Di samping itu, tulisan siswa selalu dinilai guru dengan telaah kebahasaan yang ketat dan mengabaikan kegiatan menulis sebagai media pencurahan gagasan dan perasaan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan siswa dalam menulis paragraf dengan menerapkan teknik permainan bahasa pada kelas IX.1 SMP Negeri 33 Padang. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, observasi, dan wawancara. Data observasi dan wawancara disajikan dalam bentuk format observasi yang diisi dengan tanda ceklist ( √ ) pada indikator yang sesuai dengan pengamatan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif yang ditawarkan oleh Miles dan Huberman. Data hasil tes dianalisis dengan pengolahan statistik sederhana dengan melihat nilai tertinggi, nilai terendah, dan rata-rata. Data hasil tes disajikan dalam bentuk tabel keterampilan siswa menulis paragraf. Hasil yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut. 1) Teknik permainan bahasa dengan jenis permainan nomor kalimat dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf yang runtut, logis, dan sistematis. 2) Teknik permainan bahasa dengan jenis permainan kalimat mengalir dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengembangkan topik menjadi paragraf yang runtut, logis, dan sistematis. 3) Teknik permainan bahasa dapat meningkatkan motivasi dan kegairahan siswa dalam menulis.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Menulis; Paragraf; Tekin Bermain |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 20:23 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 06:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33175 |
