Analisis Model Mental Siswa Mengenai Reaksi Redoks dan Elektrokimia untuk Tiga Level Representasi Kimia di SMA Negeri 2 Batusangkar

Novita, Mona (2013) Analisis Model Mental Siswa Mengenai Reaksi Redoks dan Elektrokimia untuk Tiga Level Representasi Kimia di SMA Negeri 2 Batusangkar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MONA_NOVITA_1103970_870_2013.pdf] Text
final_3_MONA_NOVITA_1103970_870_2013.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari tujuan umum pengajaran sains yaitu membantu siswa dalam memahami fenomena alam dengan menggunakan konsep dan teori yang telah dipelajarinya. Salah satu faktor penyebab sulitnya tujuan pengajaran sains dicapai adalah karena ketidakmampuan siswa dalam menghubungkan fenomena kimia yang dipelajarinya pada tiga level representasi kimia, yaitu level makroskopik, level submikroskopik, dan level simbolik yang berkontribusi dalam pembentukan model mental (konsepsi) siswa terhadap fenomena kimia. Tidak mampunya siswa dalam menghubungkan fenomena pada tiga level representasi kimia berdampak kepada ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan, menjawab pertanyaan, dan membuat prediksi terhadap suatu fenomena, sehingga miskonsepsi dapat dengan mudah terbentuk pada fikiran siswa. Hal itu terlihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Batusangkar untuk dua tahun terakhir yang masih rendah, yaitu (25 %, dan 53 %). Disamping miskonsepsi, model mental (konsepsi) yang dimiliki siswa dapat berupa model mental (konsepsi) lengkap, tidak lengkap, tidak ada model mental, dan tidak ada respon. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model mental (konsepsi) siswa mengenai lima fenomena reaksi redoks dan elektrokimia berdasarkan hasil tes pertanyaan terbuka dan wawancara siswa. Penelitian deskriptif analisis digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Obyek dalam penelitian ini adalah model mental (konsepsi) siswa dan subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Batusangkar yang berjumlah 23 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah pertanyaan terbuka dan lembar wawancara siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa model mental (konsepsi) siswa pada tiga level representasi kimia untuk fenomena (1) kespontanan reaksi redoks logam Zn dengan larutan CuSO4 untuk pertanyaan pertama cenderung berada pada indikator penilaian model mental “miskonsepsi”, dan pada pertanyaan kedua cenderung berada pada indikator penilaian model mental “lengkap”, (2) sel Volta dengan elektrode Zn dan Cu untuk pertanyaan pertama cenderung berada pada indikator penilaian model mental “miskonsepsi”, dan “lengkap” untuk pertanyaan kedua, (3) elektrolisis larutan NaCl dengan elektrode inert untuk pertanyaan pertama dan kedua cenderung berada pada indikator penilaian model mental “miskonsepsi”, (4) elektrolisis larutan CuSO4 dengan elektrode aktif untuk pertanyaan pertama cenderung berada pada indikator penilaian model mental “miskonsepsi”, dan “lengkap” untuk pertanyaan kedua, dan (5) penyepuhan kunci besi dengan tembaga murni untuk pertanyaan pertama cenderung berada pada indikator penilaian model mental “miskonsepsi”, dan “tidak ada model mental” untuk pertanyaan kedua.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:44
Last Modified: 22 Dec 2025 06:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33173

Actions (login required)

View Item
View Item