Asnirawati, Asnirawati (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas IX 1 SMPN 2 Junjung Sirih Kabupaten Solok Berbantuan Peta Pikiran (Mind Mapping). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ASNIRAWATI_51953_3759_2012.pdf
Download (611kB)
Abstract
Menulis teks pidato merupakan keterampilan yang belum dikembangkan secara optimal dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya pemerolehan nilai siswa dalam unjuk kerja keterampilan menulis teks pidato siswa. Sebagian besar siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis tes siswa diketahui beberapa permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran menulis teks pidato, di antaranya, siswa belum mampu mengembangkan tema yang dipilih, siswa belum mampu menuangkan gagasan ke dalam bentuk gagasan utama dan gagasan penjelas, siswa belum mampu menata gagasan secara padu dan runtut, serta banyaknya ditemui penggunaan kalimat yang tidak efektif dan tidak efisien dalam tulisan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi dan penjelasan tentang proses peningkatan keterampilan menulis teks pidato siswa kelas IX 1 SMPN 2 Junjung Sirih Kabupaten Solok berbantuan peta pikiran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat langkah penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari proses belajar, yakni dari hasil observasi tindakan guru dan aktivitas siswa, angket, dan catatan lapangan sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa, yakni tes unjuk kerja keterampilan menulis teks pidato. Data tentang tindakan guru, sikap, dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi dengan alat pengumpul data lembaran observasi. Data tentang persepsi siswa terhadap proses pembelajaran dikumpulkan dengan angket. Data tentang tingkat keterampilan menulis pidato siswa dikumpulkan dengan tes menulis teks pidato. Data penelitian yang berupa tindakan guru, aktivitas siswa, angket, dan catatan lapangan diolah dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Data penelitian yang berupa tes keterampilan menulis teks pidato ditetapkan dengan rubrik penilaian dan diolah dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peta pikiran yang digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato. Faktor-faktor yang menunjang peningkatan tersebut antara lain penggunaan kata kunci bebas, simbol, gambar, warna, dan cabang-cabang melengkung untuk menghasilkan dan mengembangkan gagasan secara mudah sehingga tercipta suasana pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | menulis; pidato; mind mapping |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 19:41 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 19:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33162 |
