Nofrita, Dian (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sungayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DIAN_NOFRITA_72580_1439_2011.pdf
Download (730kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan membacapemahaman, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan eksposisi, dan (3)mendeskripsikan hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuanmenulis karangan eksposisi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sungayang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode dekriptifmelalui pendekatan korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelasIX SMP Negeri 1 Sungayang yang terdaftar tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlahsebanyak 158 orang yang tersebar dalam lima kelas. Penarikan sampel penelitiandilakukan dengan cara random sampling. Data yang diambil dianalisis denganlangkah-langkah sebagai berikut. Pertama, memberi skor tes kemampuan membacapemahaman. Kedua, memberi skor tes kemampuan menulis karangan eksposisi.Ketiga, mengubah skor kemampuan membaca pemahaman dan skor kemampuanmenulis karangan eksposisi menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase.Keempat, mencari nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman dan kemampuanmenulis karangan eksposisi. Kelima, mengklasifikasikan nilai kemampuan membacapemahaman dan kemampuan menulis karangan eksposisi berdasarkan pedomankonversi skala 10. Keenam, mengkorelasikan nilai kemampuan membaca pemahamandan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan rumus korelasiproduct moment. Ketujuh, menganalisis data dan membahas data penelitian.Kedelapan, pengujian keberartian hipotesis ditolak atau diterima. Kesembilan,pengambilan kesimpulan bagaimana hubungan antara kedua variabel penelitian.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagaiberikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IX SMP Negeri 1Sungayang berada pada kualifikasi baik (77,27). Kedua, kemampuan menuliskarangan eksposisi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sungayang berada pada kualifikasilebih dari cukup (66,11). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antarakemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis karangan eksposisisiswa kelas IX SMP Negeri1 Sungayang pada derajat kebebasan n-2 pada tarafsignifikan 95% yaitu 5,82.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA, KEMAMPUAN MENULIS |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 02:07 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 02:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33156 |
