Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Drama Siswa Kelas XII. 6 IPA SMA Negeri 10 Padang Menggunakan Teknik Media Audiovisual

Awaludin, Awaludin (2011) Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Drama Siswa Kelas XII. 6 IPA SMA Negeri 10 Padang Menggunakan Teknik Media Audiovisual. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_AWALUDIN_51954_3553_2012.pdf] Text
final_2_AWALUDIN_51954_3553_2012.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan siswa kelas XII 6 IPA SMA N 10 Padang dalam mengidentifikasi unsur intrinsik drama. Hal ini disebabkan metode mengajar yang digunakan oleh guru masih sangat monoton, sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran drama. Bahan ajar apresiasi drama yang menggunakan naskah dan buku pendamping dari sekolah biasanya sulit dipahami dan membuat siswa jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama siswa kelas XII. 6 IPA SMA Negeri 10 Padang menggunakan teknik media audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur intrinsik drama. Berdasarkan hasil temuan data, analisis dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, adanya peningkatan minat dan motivasi belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik drama menggunakan teknik media audiovisual dari awal siklus I hingga akhir siklus II. Kedua, peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama siswa meningkat dari rata-rata nilai pada prasiklus sebesar 6,84 menjadi rata-rata 7,2 pada siklus I, dan meningkat menjadi 7,86 pada siklus II. Hasil observasi pada siklus I kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran mengidentifikasi drama menggunakan teknik media audiovisual terlihat sikap siswa dalam menerima materi pembelajaran belum terfokus. Pada siklus II sudah ada perubahan perilaku siswa. kesiapan mengikuti pelajaran sudah mulai terlihat dan sikap siswa dalam menerima pelajaran sudah mulai terfokus. Berdasarkan hasil jurnal dari siklus I ke siklus II yaitu siswa semakin senang teknik penggunaan media audiovisual dalam mengidentifikasi unsur intrinsik drama. Sebagian besar siswa kelas XII 6 IPA SMA Negeri 10 Padang menyatakan bahwa teknik tersebut dapat mempermudah mereka dalam mengidentifikasi drama karena kesulitan- kesulitan yang mereka hadapi dapat diatasi dengan teknik tersebut. Berdasarkan hasil angket dari siklus I ke siklus II diperoleh hasil bahwa sebagian dari jumlah keseluruhan siswa menyatakan setuju bahwa pembelajaran mengidentifikasi drama menggunakan teknik media audiovisual sangat menyenangkan dan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengidentifikasi drama. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan hasil bahwa siswa senang dan tertarik dengan pembelajaran mengidentifikasi drama menggunakan teknik media audiovisual.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Unsur Intristik; Drama; Audiovisual
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 04:05
Last Modified: 21 Dec 2025 04:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33155

Actions (login required)

View Item
View Item