Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Pendekatan Kooperative tipe GI (Group Investigation) di Kelas III SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilanan Kota Padang

Melda, Eri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Pendekatan Kooperative tipe GI (Group Investigation) di Kelas III SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilanan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ERI_MELDA_90753_2011.pdf] Text
final_B1_ERI_MELDA_90753_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran peserta didik hanya duduk, diam, dengar, dan mencatat materi yang
disampaikan guru. Ini disebabkan karena guru kurang mampu mengembangkan model
pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik.Akibatnya peserta didik seringkali
tidak bersemangat dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran PKN dilakukan PTK dengan menggunakan model
kooperatif tipe GI.
Model kooperatif tipe GI ini merupakan model pembelajaran yang menempatkan
peserta didik dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang peserta didik.
Model pembelajaran ini dilakukan melalui enam tahap, dimulai dari penyajian
mengidentifikasi topik, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan
investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempersentasekan laporan akhir, dan evaluasi.
Jenis penelitian ini adalah PTK dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif
untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan
kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk
Kilangan Kota Padang, dengan jumlah peserta didik 32. Siklus I terdiri dari satu kali
pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami
peningkatan. Pada siklus I koognitif siswa 66% siklus II menjadi 80,3%,ranah afektif
65,10% menjadi 80,7% dan psikomotor 61,19% menjadi 75,52% .untuk itu dilakukan
tindakan dengan memberi penjelasan kepada peserta didik tentang prinsip-prinsip
pembelajaran kooperatif tipe GI.Sehingga aktivitas peserta didik meningkat.Dari hasil
observasi aktivitas peserta didik dari 59,3% menjadi 75% pada siklus II.Dari hasil
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik dalam pembelajaran PKN di kelas III SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk
Kilangan Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:05
Last Modified: 22 Dec 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33153

Actions (login required)

View Item
View Item