Mitrayelza, Mitrayelza (2011) Pendekatan Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMAN 2 Siak Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MITRAYELZA_51863_5499_2012.pdf
Download (149kB)
Abstract
Selama ini pembelajaran biologi di kelas didominasi oleh guru sehingga siswa kurang
aktif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini membuat rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa.
Siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimum yang diterapkan sekolah yaitu 65.
Jadi peneliti mencoba mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan pendekatan inkuiri.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan
menggunakan pendekatan inkuiri. Pembelajaran inkuiri dilakukan dengan menerapkan metode
eksperimen. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang
dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.3 SMAN 2 Siak
Hulu pada semester I tahun ajaran 2010/2011. Data dikumpulkan dengan menggunakan
lembaran observasi untuk data aktivitas siswa dan tes untuk hasil belajar.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran inkuiri dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X.3 SMAN 2 Siak Hulu. Rata-rata
aktivitas siswa dalam pembelajaran telah mencapai indikator yang diharapkan yaitu kategori
banyak (51%-75%). Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,18 dan siswa yang mencapai
ketuntasan belajar sebesar 89,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan
pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 02:04 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 02:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33148 |
