Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi dalam Menulis Cerpen

Septia, Suci Amanda (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi dalam Menulis Cerpen. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SUCI_AMANDA_SEPTIA_04513_2746_2012.pdf] Text
final_B1_1_SUCI_AMANDA_SEPTIA_04513_2746_2012.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan kemampuan menulis
cerpen siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi sebelum menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, (2) menjelaskan
kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi setelah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, dan
(3) menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together terhadap kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 5
Bukittinggi dalam menulis cerpen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun
ajaran 2011/2012 sebanyak 256 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 37
orang yang diambil berdasarkan teknik random sampling. Data penelitian ini
adalah data kuantitatif, yaitu nilai kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA
Negeri 5 Bukittinggi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together dan setelah menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together. Untuk menganalisis data digunakan
rumus persentase dan rumus rata-rata hitung guna mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan
siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi dalam menulis cerpen.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai
berikut: (1) kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together berkualifikasi cukup sedangkan, (2) kemampuan menulis cerpen siswa
kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Head Together berkualifikasi baik dan (3) penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh secara
signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 5
Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:04
Last Modified: 22 Dec 2025 02:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33147

Actions (login required)

View Item
View Item