Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X 8 SMAN 1 Bukittinggi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Ikhlas

Mitrawati, Mitrawati (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X 8 SMAN 1 Bukittinggi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Ikhlas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MITRAWATI_51601_2336_2012.pdf] Text
final_3_MITRAWATI_51601_2336_2012.pdf

Download (209kB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas X 8
SMAN 1 Bukittinggi belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan
pembelajaran belum efektif baik dari segi metode belajaran dari guru maupun
cara belajar dari siswa. Akibatnya masih banyak siswa yang belum memenuhi
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis ikhlas.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa
kelas sepuluh SMA 1 Bukittinggi. Data diperoleh dari test hasil belajar dan
lembar observasi. Rancangan penelitian terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri
dari 4 langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data di
analisis menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian aktivitas dan hasil belajar dengan item TANDUR
meningkat setiap siklus. Hasil belajar dari analisis data pada siklus I 72,5%
menjadi 89,74% pada siklus II. Hasil belajar psikomotor naik dari 76,31% pada
siklus I menjadi 78,87% pada siklus II. Hasil belajar afektif terjadi peningkatan
dari 55% pada siklus I menjadi 69,2 % pada siklus II. Data dari aktivitas dan hasil
belajar menggambarkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif,afektif dan
psikomotor. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum teaching
berbasis ikhlas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:03
Last Modified: 22 Dec 2025 02:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33144

Actions (login required)

View Item
View Item