Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Nan Sabaris

Misdawati, Misdawati (2013) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Nan Sabaris. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MISDAWATI_19767_2303_2013.pdf] Text
final_3_MISDAWATI_19767_2303_2013.pdf

Download (217kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah randahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang rendah, dan nilai ulangan harian siswa yang yang berada dibawah Kriteria ketuntasan Minimal (KKM). Dalam proses pembelajaran siswa hanya mendengar, dan mencatat apa yang dijelaskan guru, sehingga pembelajaran biologi menjadi terpusat pada guru (teacher centered). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Jumlah siswa 38 orang, terdiri dari 5 orang siswa laki-laki, dan 33 orang siswa perempuan. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat pertemuan, dengan langkah-langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diambil melalui lembar observasi tindakan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran, tes, dan catatan lapangan. Data diolah dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus III sebagai berikut: membaca sumber belajar 96,44%, kerjasama 80,24%, bertanya pada guru 75,75%, bertanya pada teman 75,36%, mengerjakan LKPD 94,63%, dan aktivitas lain yang tidak relevan 13,44%. Hasil belajar siswa pada siklus I 69,41, siklus II 77,45, dan siklus III 80,95. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus ke siklus. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar 60,53%, siklus II 84,21%, dan siklus III 86,84%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Upaya peningkatan aktivitas, penerapan pendekatan kontekstual
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Dec 2025 19:54
Last Modified: 21 Dec 2025 19:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item
View Item