Pengembangan Bahan Ajar Fisika Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran E-Learning Kelas X MIA

Mukhtar, Mimi Khaira (2015) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran E-Learning Kelas X MIA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MIMI_KHAIRA_MUKHTAR_1304180_5498_25015.pdf] Text
final_3_MIMI_KHAIRA_MUKHTAR_1304180_5498_25015.pdf

Download (872kB)

Abstract

Kurikulum 2013 menyediakan buku guru dan buku siswa, namun dinilai guru belum praktis digunakan, sehingga tidak efektiv dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah membelajarkan siswa secara mandiri membangun pengetahuannya agar pembelajaran lebih bermakna. Hal ini menuntut guru untuk mengembangkan bahan ajar yang sesuai yaitu dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan pendekatan scientific pada pembelajaran e-learning. Model PjBL haruslah didukung dengan bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika kelas X MIA berorientasi pembelajaran berbasis proyek yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model 4-D. Tahapan penelitian adalah pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessimination). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket (RPP, modul, penilaian, observasi keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk memperoleh nilai persentase validitas, pratikalitas, dan efektivitas bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil validasi bahan ajar 86,9%, hasil praktikalitas respon guru 83,3%, dan hasil respon siswa 80,8%. Hasil penelitian adalah bahan ajar fisika menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan scientific pada pembelajaran e-learning kelas X MIA yang terdiri dari RPP, modul, dan penilaian yang dikembangkan sangat valid. Hasil angket observasi keterlaksanaan RPP dan respon guru sangat praktis, sedangkan angket respon siswa praktis. Hasil penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan efektiv.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar, model projeck, pembelajaran E-learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:16
Last Modified: 21 Dec 2025 18:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33123

Actions (login required)

View Item
View Item